Polres Asahan tembak komplotan pembobol ATM

Medan (ANTARA News) – Personel Unit Jatanras Sat Reskrim Polres Asahan, Polda Sumatera Utara menembak empat orang komplotan pembobol Anjungan Tunai Mandiri dengan modus mengganjal slot pada mesin ATM.

Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (17/1), mengatakan keempat pelaku itu, inisial SP (42) warga Jalan Brigjen Katamso Medan, ES (24) Warga Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung, AP (32) Warga Jalan Letda Sudjono Medan Tembung, dan BZ (32) warga Perumnas Mandala Percut Sei Tuan, Kabupaten Deali Serdang.

Keempat tersangka itu, menurut dia, diberikan tindakan tegas dan terukur dibagian kakinya karena berusaha melawan tugas, saat akan ditangkap.

“Saat ini perampok tersebut, dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Abdul Manan Simatupang di Kota Kisaran untuk diberikan perawatan medis,” ujar AKBP Faisal.

Ia mengatakan, komplotan tersebut beraksi di mesin ATM di kawasan pasar swalayan Desa Aek Loba, Kabupaten Asahan, Rabu (16/1).Saat itu, seorang tersangka masuk ke bilik ATM untuk mengganjal slot pada mesin, agar warga yang mengambil uang mengalami kesulitan.

Kemudian, tersangka lain berpura-pura menjadi teknisi dan menawarkan bantuan, sambil menyuruh korban memasukkan nomor PIN agar bisa transaksi.

“Namun, ternyata kartu ATM milik korban malah tersangkut sehingga kasus itu dilaporkan ke kantor BRI dan Polsek Pulau Raja, Polres Asahan,” ucap dia.

Faisal menyebutkan, petugas melakukan penyelidikan dan berhasil mengantongi nama pelaku, serta mengamankan mereka di Jalan Sisingamangaraja Labuhabn Batu.

Dari hasi penyelidikan sementara, pelaku beraksi di wilayah Sumut, yakni Asahah, Kisaran, Simpang Empat, dan Aek Ladong.

Selain itu, Medan, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai dan Labuhan Batu.

“Dari tersangka disita barang bukti ATM sebanyak 31 lembar, empat unit telepon selular,uang tunai Rp7.150.000,- satu pack tusuk gigi, dan satu unit mobil Toyota Calya BK 1991 FB yang digunakan melakukan aksinya,” kata Kapolres Asahan itu.

Baca juga: Polisi ringkus pembobol mesin ATM BRI di Kebon Jeruk

Baca juga: Polres Serang amankan seorang pria diduga bobol ATM

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019