Bus Sumber Selamat terguling di Madiun lukai sejumlah penumpang

Madiun (ANTARA News) – Sebuah bus Sumber Selamat jurusan Surabaya-Yogyakarta terguling di Jalan Lingkar Kota (Ring Road), Kelurahan Winongo, Kecamata Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, Senin hingga mengakibatkan sejumlah penumpangnya terluka.

Saksi kejadian yang juga kernet bus, Agus Toyib mengatakan bus bernomor polisi W-7036-UZ itu terguling diduga akibat sopir tidak dapat mengendalikan busnya setelah melaju kencang dan menghindari kendaraan yang tiba-tiba menyelonong masuk ke Ring Road.

“Di lokasi kejadian, tiba-tiba ada dua sepeda motor yang menyelonong dari gang arah barat masuk ke jalan Ring Road tanpa lihat situasi. Tiba-tiba saja langsung nyebrang tanpa tengok kiri dan kanan,” ujar Agus kepada wartawan.

Sang sopir yang kaget langsung menghindari kedua motor tersebut agar tidak terjadi tabrakan. Karena laju bus yang kencang membuat bus hilang kedali, menabrak median jalan, hingga terguling di jalur ring road berlawanan.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Madiun Kota Iptu Nanang Cahyono mengatakan akibat kecelakaan tunggal tersebut enam orang mengalami luka-luka, termasuk sang sopir dan kondektur bus.

“Sang sopir mengalami luka paling parah karena terjepit setir bus. Kecelakaan ini akibat laju bus hilang kendali setelah menghindari motor yang tiba-tiba menyeberang jalan,” kata Iptu Nanang.

Kondisi bus yang melintang menutupi jalan, membuat arus lalu lintas di jalur Ring Road Kota Madiun macet total. Warga yang mlihat kejadian tersebut juga ikut memperparah kemacetan.

Guna memperlancar arus kendaraan, petugas segera mengevakuasi bangkai bus dengan menggunakan dua kendaraan derek dan satu truk trailer.

“Untuk sementara, arus kendaraan dialihkan memasuki kota hingga proses evakuasi selesai dilakukan,” tambahnya.

Sementara para korban luka langsung dibawa ke RSUD Sogaten Kota Madiun guna mendapatkan perawatan medis. Sedangkan korban selamat lainnya, melanjutkan perjalanan berikutnya dengan bus pengganti.

Baca juga: Pengemudi bus masuk jurang mulai membaik kesehatan

Baca juga: Dua tewas dalam tabrakan bus dengan motor

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019