Abu Bakar Ba’asyir tiba di RSCM

Jakarta (ANTARA News) – Narapidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir tiba di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo untuk periksaan kesehatan. Kedatangannya ke RSCM dikawal aparat Kepolisian.

Abu Bakar Ba’asyir tiba di RSCM pada Selasa sekitar pukul 10.00 WIB, setelah melakukan perjalanan dari Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Dalam perjalanan tersebut, Abu Bakar Ba’asyir diiringi  sekitar empat mobil aparat yang mengawal. Di lobi RSCM ramai para jurnalis, fotografer maupun dari televisi yang siap mengabadikan momen keluarnya Ba’asyir.

Ba’asyir di rawat di Ruang Kencana, RSCM, didampingi oleh kuasa hukum dari Tim Pembela Muslim (TPM) Akhmad Kholid bersama sejumlah kerabatnya.

Menurut kuasa hukum Ba’asyir, M Mahendradatta ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, pemeriksaan kesehatan kliennya tersebut diantaranya pembengkakan pada kaki. Abu Bakar Ba’asyir melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tiga bulan.

Sebelumnya, Ba’asyir sempat diberitakan akan dibebaskan usai pengacara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo/Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, menemuianya di LP Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Salah satu alasan pembebasan Ba’asyir dikatakan demi kemanusiaan karena usianya yang semakin renta dan kondisi kesehatan yang menurun.

Namun pembebasan tersebut urung dilaksanakan karena Ba’asyir tidak mau memenuhi syarat dalam pembebasasn bersyarat, yaitu menandatangani surat pernyataan setia pada NKRI dan ikut menjalani program deradikalisasi.
Baca juga: Ba’asyir akan jalani pemeriksaan di RSCM
Baca juga: Mahfud MD katakan prosedur pembebasan Ba’asyir keliru

Pewarta:
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019